Ini yang Perlu Calon Ibu Baru Tahu tentang Skor Apgar

Gaya Hidup  
Ilustrasi bayi baru lahir. (Freepik)

Tepat setelah bayi Anda lahir, dokter melakukan tes untuk menentukan kesehatan bayi Anda secara keseluruhan. Hasil tes ini disebut skor Apgar. Sistem penilaian skor Apgar diciptakan oleh Dr Virginia Apgar pada tahun 1952, dan menggunakan namanya sebagai mnemonik untuk masing-masing dari lima kategori yang akan dinilai pada bayi baru lahir. Sejak saat itu, para profesional medis di seluruh dunia telah menggunakan sistem penilaian untuk menilai bayi yang baru lahir di saat-saat pertama kehidupan mereka.

Skor Apgar bisa disebut juga sebagai tes cepat yang membantu menentukan apakah bayi Anda membutuhkan bantuan medis. Inilah yang perlu Anda ketahui tentang tes dan skor Apgar bayi Anda.

Tes Apgar memeriksa detak jantung dan tonus otot bayi Anda dan mencari tanda-tanda kesehatan vital lainnya. Biasanya diberikan dua kali: satu menit setelah lahir dan kemudian sekitar lima menit setelah lahir. Jika dokter memiliki kekhawatiran, mereka dapat memeriksa bayi Anda untuk ketiga kalinya untuk melihat apakah kekhawatiran mereka diselesaikan.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

"Apgar" adalah akronim yang merupakan singkatan dari penampilan (appearance), denyut nadi (pulse), meringis (grimace), aktivitas (activity), dan respirasi (respiration). Masing-masing dari lima indikator Apgar dinilai nol, satu, atau dua, dengan dua menjadi skor tertinggi dan terbaik.

*Penampilan. Dokter Anda menilai warna kulit bayi Anda untuk melihat tanda-tanda sirkulasi yang buruk. Skor dua diberikan untuk penampilan normal. Jika tangan dan kaki bayi Anda kebiruan, mereka memberi skor satu. Menjadi abu-abu kebiruan atau pucat di seluruh skor nol. Adalah umum untuk tangan dan kaki bayi Anda tidak berwarna normal sampai mereka lebih hangat.

*Denyut nadi. Biasanya, detak jantung bayi lebih dari 100 denyut per menit. Tingkat detak jantung ini menghasilkan skor dua. Apa pun di bawah 100 denyut per menit adalah satu, dan tidak ada denyut nadi yang nyata adalah nol.

*Respon meringis. Saat lahir, bayi Anda harus sangat sensitif dengan stimulasi apa pun. Dokter memeriksa bayi Anda untuk tanggapan ini: menarik diri, bersin, batuk, dan menangis. Kombinasi ini mencetak dua. Jika bayi Anda meringis tetapi tidak membuat suara, skornya adalah satu. Tidak ada respons sama sekali terhadap stimulasi adalah nol.

*Aktivitas. Bayi Anda harus menunjukkan tonus otot yang cukup saat lahir. Gerakan yang aktif dan terjadi dengan sendirinya menerima skor dua. Bayi yang baru lahir dengan lengan dan kaki yang tertekuk tetapi tidak bergerak menerima skor satu. Jika bayi Anda tidak merespon atau floppy, skornya nol.

*Respirasi. Bayi Anda harus memiliki tangisan yang kuat, tanda pernapasan normal yang mendapat skor dua. Jika pernapasan bayi Anda lambat atau tidak teratur atau tangisan mereka lemah, skornya adalah satu. Kurangnya pernapasan atau menangis dinilai sebagai nol.

Dokter atau perawat menambahkan skor. Sangat sedikit bayi yang menerima 10, skor tertinggi, karena tangan dan kaki yang berubah warna sangat umum saat lahir. Skor tujuh atau lebih tinggi adalah sehat.

Apa pun yang kurang dari tujuh dianggap tidak sehat, dan dokter Anda harus menentukan perawatan medis apa yang diperlukan. Ini mungkin termasuk menyedot saluran udara bayi Anda untuk menghilangkan cairan atau menerapkan oksigen.

Bahkan bayi yang sangat sehat dapat mencetak di bawah tujuh segera setelah lahir. Itu sebabnya dokter mengulangi tes pada lima menit. Alasan umum untuk skor rendah pada bayi yang sehat meliputi:

• Kehamilan berisiko tinggi

• Kelahiran melalui operasi caesar

• Tenaga kerja atau pengiriman yang sulit

• Kelahiran prematur

Jika skor bayi Anda tidak membaik pada tanda lima menit, tim medis dapat mengejar perawatan tambahan untuk membantu bayi Anda berkembang. Selama bayi Anda menyebabkan kekhawatiran, mereka akan mengamati situasi dengan cermat.

Perlu diingat bahwa tes ini tidak dirancang untuk memprediksi apa pun tentang masa depan anak Anda. Ini tidak memberikan informasi apa pun tentang pertumbuhan jangka panjang, perilaku, atau hasil kesehatan. Ini hanya berfungsi untuk membantu dokter Anda mengidentifikasi apakah bayi Anda membutuhkan tindakan medis tambahan dari yang biasa diterima setiap bayi yang baru lahir. (*)

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image